Bolehkah Ibu Menyusui saat Hamil?

Bolehkah Ibu Menyusui saat Hamil?

Hal-hal yang perlu diperhatikan ibu menyusui saat hamil dan alasan mengapa boleh menyusui saat hamil

menyusui saat hamil

Sebelumnya Pasti Bunda bertanya-tanya apakah boleh ibu menyusui saat hamil? Padahal biasanya saat menyusui dapat membantu mencegah kehamilan selanjutnya.

Namun,bagaimana jika ibu kembali menjalani kehamilan saat masa menyusui? Bolehkah tetap menyusui saat sedang hamil? Tentunya menyusui saat hamil menimbulkan banyak pertanyaan dan rasa cemas atau khawatir pada setiap ibu.Oleh karena itu,tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk membaca artikel ini untuk mengetahui apakah boleh menyusui saat hamil.

Alasan Boleh Menyusui Saat Hamil

Proses menyusui adalah salah satu momen yang cukup penting bagi ibu maupun sang bayi.Dengan memberikan ASI secara ekslusif pada bayi,tentunya membuat kesehatan sang bayi menjadi lebih optimal.Tidak hanyak untuk bayi saja,manfaat menyusui juga dapat dirasakan oleh ibu,dan salah satunya untuk mencegah kehamilan.

Namun,tidak jarang kehamilan kerap terjadi ketika ibu menyusui.Kondisi tersebut pasti membuat Bunda cemas dan khawatir terhadap proses menyusui yang sedang dilakukan dan juga bayi yang ada dalam kandungan.

Lalu, apakah ibu boleh menyusui saat hamil? Nyatanya,saat proses menyusui berlangsung,tubuh sang ibu akan memproduksi hormon oksitosin yang membantu untuk memproduksi ASI.Hormon oksitosin juga akan diproduksi ketika ibu menjalani proses persalinan.

Menyusui saat hamil pasti membuat bunda khawatir tentang kesehatan bunda dan janin yang ada dalam kandungan.Mulai dari proses menyusui yang memicu kontraksi dan memicu keguguran,produksi ASI yang menurun,hingga kurangnya nutrisi untuk bayi yang ada dalam kandungan.

Melansir Baby Centre, tubuh dapat memproduksi ASI ketika ibu menjalani kehamilan.Kondisi ini dapat membuat ibu menyusui meskipun saat sedang hamil.Saat ibu menyusui,bayi yang ada dalam kandungan juga tidak akan mengalami gangguan apapun.Bayi dalam kandungan akan mendapatkan nutrisi yang baik dari tubuh sang ibu.

Yang Ibu Hamil Harus Perhatikan Saat Menyusui

Meskipun Ibu yang hamil boleh menyusui,tapi kedua hal tersebut dapat menyebabkan perubahan pada tubuh sang Ibu.Bahkan dapat membuat rasa ASI menjadi berbeda yang biasanya sedikit manis bisa berubah menjadi sedikit asin.Kondisi ini membuat bayi yang sedang menyusu menjadi enggan untuk kembali menyusu.

Selain itu, menyusui saat hamil dapat menyebabkan  puting dan payudara menjadi lebih nyeri atau sakit. Tidak hanya itu,Ibu yang sedang hamil juga dapat merasakan kondisi kelelahan yang berlebihan.

Proses menyusui bisa dilakukan jika sang Ibu memiliki status kehamilan yang sehat dan tidak beresiko.Namun,segera hubungi dokter kandungan dan tanyakan proses menyusui saat hamil ketika:

  1. Ibu mengalami kehamilan dengan risiko tinggi.
  2. Pernah mengalami keguguran atau kelahiran prematur di kehamilan sebelumnya.
  3. Mengalami perdarahan atau kram pada perut serta rahim.
  4. Menjalankan kehamilan kembar.
  5. Sering mengalami kontraksi ringan pada kehamilan yang sedang dijalani.

Oleh karena itu,selalu penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin sang ibu yang hamil.Dan jangan lupa perbanyak mengonsumsi air putih setiap hari agar terhindar dari dehidrasi.

Jangan lupa periksakan secara rutin ke dokter kandungan untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan anak di dalam kandungannya.

Nah, bunda itu tadi Apakah boleh menyusui saat hamil. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment