3 Ciri ASI Basi, Jangan Sampai Salah Memberikan pada Si Bayi ya Bunda!

3 Ciri ASI Basi, Jangan Sampai Salah Memberikan pada Si Bayi ya Bunda!

Salah satu Ciri ASI basi yaitu dengan melihat tekstur dan mencium baunya.

ASI menjadi cepat basi dari harapan sementara Bunda sudah memompanya dengan segenap hati. Seorang ibu tidak akan mau membuang tetesan susu yang diperolehnya dengan cara yang susah. ASI cepat membusuk jika membiarkannya terbuka, atau menyimpannya di lemari es lebih lama dari waktu seharusnya. ASI seharusnya dibiarkan pada suhu kamar yang tidak lebih dari empat hingga enam jam.

ciri ASI basi
Ilustrasi ciri ASI basibackground

ASI harus didinginkan tidak lebih dari delapan hari. Selepas itu, susu harus dibekukan, atau segera diberikan, selama tidak ada ciri ASI basi yang terlihat. Ada berbagai hal tentang ASI yang harus Bunda ketahui.

Hal yang Mempengaruhi Bau dan Rasa ASI

Hal-hal yang mempengaruhi bau ASI adalah:

  • Makanan
  • Obat tau pengobatan
  • Proses pembekuan
  • Wadah penyimpanan

Lantaran bau dan rasa erat kaitannya, sebab yang sama memengaruhi bau ASI juga dapat mempengaruhi rasanya. Makanan salah satu penyebab yang sangat penting, misalnya rasa yang kuat, terutama rasa ‘pedas’ atau rempah yang menyengat dapat berpengaruh pada ASI pada rasa tersebut.

Ciri ASI Basi

1. Berbau Busuk yang Menyengat

Sumber : Unsplash.com

Yang pertama Ciri ASI basi memiliki bau yang sama dengan susu sapi busuk. Juga adanya bau logam tektstur susu yang seperti sabun pada ASI. Bau ini disebabkan tingkat enzim lipase lebih tinggi diproduksi oleh beberapa Bunda.

Dalam ASI terkandung lipase yang memecah lemak untuk bayi. Pada Bunda yang ASI nya mengandung lipase tinggi, enzim tersebut dapat jadi masalah ASI yang dicairkan berbau asam atau berbau sabun dan masih aman jika untuk dikonsumsi bayi Bunda.

2. Tidak Bercampur saat Diaduk

Sumber : Unsplash.com

Yang Kedua walaupun ASI sering terpisah membentuk lapisan lemak dan tidak berlemak ketika Bunda menyimpannya, namun ASI masih segar biasanya ASI akan kembali mengental ketika mengaduknya dilakukan dengan lembut. Apabila ASI tidak tercampur ketika Bunda aduk atau ketika terdapat gumpalan didalamnya, itu merupakan ciri ASI basi.

Akan tetapi, dapat Bunda catat jika beberapa bayi akan menolak ASI ini. Jadi, sebelum membekukan ASI dalam jumlah besar, alangkah baiknya memberikan ASI yang segar untuk melihat bayi akan diterimanya atau tidak.

Jika tidak, Bunda bisa meyelesaikan masalah ini dengan merebusnya sampai mendidih ASI sebelum dibekukan. Atau bisa mengatasinya dengan selalu memberikan ASI hangat pada bayi, dengan disesuaikan suhunya setelah dicairkan dari lemari es.

3. Rasanya Asam

Sumber : Unsplash.com

Yang Ketiga yaitu cara termudah untuk mengerti apakah ASI basi atau tidak yaitu dengan merasaknnya sendiri. Banyak Bunda yang merasakannya terasa mirip dengan susu sapi busuk dan rasanya asam. Jadi, apabila Bunda merasakan rasa yang aneh, sebaiknya Bunda tidak memberikannya kepada bayi Bunda.

Tips Seputar Ciri ASI Basi

Ada beragam hal yang harus Bunda ketahui tentang ciri ASI basi, yaitu :

  • Sama dengan mengendus, mencoba ASI nya sebelum memberikannya pada bayi Bunda. Rasanya berbeda dari susu sapi, tetapi rasa lain seperti tengik atau asam bisa diterima dan masih aman untuk memberikannya ke bayi Bunda.
  • Jika Bunda memasukkan susu di lemari es lalu rasanya tengik atau asam, berarti susu sudah membusuk dan tidak boleh diberikan kepada bayi.
  • Jika ASI beku, lihat apakah ASI lebih memiliki rasa asam (tapi aman) saat dibekukan karena lipase yang tinggi. Apabila tidak, tetapi ASI mulai terasa asam, buanglah ASI itu Bunda karena berarti sudah membusuk.
  • Bunda harus memberikan ASI kepada bayi yang tidak membuatnya sakit, dan Bunda bisa mengeceknya ketika terlihat ciri ASI basi di atas.

KESIMPULAN

  1. Berbau Busuk yang Menyengat
  2. Tidak Bercampur saat Diaduk
  3. Rasanya Asam

Nah, itu tadi beberapa ciri ASI basi . Pernahkan Bunda menonton ciri ASI basi atau tips mengecek ASI yang basi? Jangan Sampai Salah Memberikanya ke Si Bayi ya Bunda! Semoga bermanfaat ya, Bunda. Kami melayani sewa freezer ASI untuk Bunda di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bunda tidak perlu ribet, tinggal hubungi kami saja, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Bunda dengan senang hati. Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bisa bermanfaat untuk Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru,Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, Bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment