Yuk Intip,Apa Aja Tips Menjaga Kesehatan Bunda saat Menyusui dan Bekerja!

Yuk Intip,Apa Aja Tips Menjaga Kesehatan Bunda saat Menyusui dan Bekerja!

Tidak ada satupun nutrisi yang baik bagi bayi selain Air Susu Ibu (ASI). Nah, masalahnya di luaran sana ada berbagai kendala untuk memberikan ASI kepada Si Kecil, kendala ini biasanya di alami oleh ibu menyusui tapi juga sibuk bekerja. Yang harus diketahui oleh ibu menyusui adalah, ASI bukan hanya soal Kuantitas saja, akan tetapi Kualitasnnya. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kesehatan dan asupan gizi ibu

Nah sekarang saya akan membaggikan beberapa tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui dan Bekerja agar Ibu dan Bayi tetap sehat :

1. Memilih Makanan yang Bergizi Seimbang

Hal pertama yang harus dilakukan oleh ibu adalah memilih makanan yang bergizi seimbang tidak boleh asal – asalan memilih makanan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonsia (IDAI), nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu menyusui adalah 2500 kalori. Jumlah ini sebaiknya seimbang, yaitu makanan yang terdiri dari karbohidrat,protein,dn lemak(terdapat pada ikan,daging, atau produk susu), serta sayur dan buah-buahan. Selain itu ibu menyusui juga membutuhkan zat besi dan kalsium. Kesimpulannya ada dua faktor yang mempengaruhi gizi ibu menyusui yaitu, jumlah makanan dan jenis makanan.

2. Rutin Berolahraga

Menurut IDAI, olahraga juga penting bagi ibu menyusui. Aktivitas fisik ini dapat membuat ibu menjadi merasa rileks.,tetap gembira, dan bugar walau harus menyusui. Akan tetapi banyak ibu yang baru melahirkan takut melakukan olahraga. Olahraga apa yang tepat bagi ibu menyusui? olahraga yang dianjurkan untuk ibu menyusui sebaiknya olahraga yang dikategorikan dalam olahraga yang ringan dan merileks kan tubuh seperti ; Postpartum Yoga, pilates , jalan cepat dan berenang.

3. Penuhi Cairan Tubuh

Karna banyaknya pekerjaan yang menumpuk terkadang membuat ibu lupa akan pentingnya cairan tubuh. Padahal, Ibu Menyusui harus memenuhi asupan cairan tubuhnya agar senantiasa sehat dan ASI tetap berkualitas. Dikutip dari National Institutes Of Healt (NIH), minumlah secukupnya untuk memenuhi dahaga. Setidaknya minum 8 cangkir (dua liter) cairan seiap hari.

4. Hindari Kafein,Rokok, dan Alkohol

Menurut NIH, sebenarnya asupan kafein dalam jumlah sedikit (1 cangkir/240 ml perhari) tak akan membahayakan ibu dan bayi. Namun, cobalah kurangi asupan kafein selama menyusui. Sementara itu, paparan asap rokok juga perlu dihindari dikarenakan bisa meningkatkan Si Kecil terkena pilek dan infeksi. Selain itu, hindari meminum alkohol karena bisa mempengaruhi kualitas ASI.

5. Cukupi Waktu Istirahat

Merawat Si Kecil sambil bekerja tentunya akan menguras tenaga oleh sebab itu, cobalah ditengah kesibukan untuk tetap mencukupi waktu istirahat. Bisa tidur sejenak saat waktu istirahat di kantor tiba, atau tidurlah saat Si Kecil tidur. Dengan begitu, ibu menyusui akan memiliki tambahan waktu tidur dan lebih bertenaga.

jadi untuk para ibu perlu diingat selain memikirkan kesehatan Si Kecil anda juga perlu memikirkan kesehatan diri anda sendiri, terlebih lagi jika anda juga bekerja, waktu yang anda keluarkan juga akan semakin banyak.

KESIMPULAN

  1. Memilih makanan bergizi seimbang
  2. Rutin berolahraga
  3. Penuhi cairan tubuh
  4. Hindari Kafein, Rokok, dan Alkohol
  5. Cukupi waktu istirahat

Nah, itu lah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ibu menyusui dan bekerja. Jadi bagaimana tertarik untuk mencoba tips tersebut? Ingat bekerja bukanlah hambatan untuk memberikan ASI eksklusif menyusui dapat menyehatkan ibu dan bayi. Mungkin itu saja yang dapat saya tulis dalam tulisan saya, semoga bermanfaat bagi para Ibu dan pembaca semuanya, dan terimakasih karena telah mengunjungi situs ini.

Write a Comment