10 Makanan Pelancar ASI Alami yang Baik untuk Dikonsumsi Bunda yang sedang Menyusui

10 Makanan Pelancar ASI Alami yang Baik untuk Dikonsumsi Bunda yang sedang Menyusui

Cara menambah produksi ASI dengan alami yang bisa Bunda lakukan dengan konsumsi asupan laktogenik. Asupan laktogenik meruapakan jenis makanan atau minuman yang bisa jadi pelancar ASI alami Bunda.

Ilustrasi Makanan Pelancar ASI
Ilustrasi Makanan Pelancar ASI

Berikut beragam makanan pelancar ASI alami yang Baik dikonsumsi Bunda yang sedang menyusui :

1. Tahu

Sumber : Unsplash.com

Yang pertama yaitu Tahu , Tahu mengandung zat fitoestrogen baik digunakan untuk makanan pelancar ASI. Bunda menyusui bisa konsumsi tahu sebagai lauk atau camilan untuk dimakan setiap hari.

2. Wortel

Sumber : Unsplash.com

Yang kedua yaitu Wortel , zat fitoestrogen dalam wortel membuat sayuran kaya serat ini baik digunakan untuk makanan pelancar ASI. Sebaiknya Bunda menyusui mengkonsumsi sayuran ini dalam menu makan setiap hari.

3. Sayuran berdaun hijau

Sumber : Unsplash.com

Yang ketiga yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, selada, brokoli, dll. juga terkandung fitoestrogen yang dapat digunakan untuk memperbanyak ASI Bunda.

4. Ikan salmon

Sumber : Unsplash.com

Yang keempat yaitu Ikan salmon, Ikan salom kaya akan protein, vitamin D, B12, dan asam lemak omega3 baik untuk bayi dan Bunda yang sedang menyusui. Penelitian memeperlihatkan, ikan dari lautan dalam ini dapat sebagai makanan pelancar ASI Bunda.

5. Teh Hijau

Sumber : Unsplash.com

Yang kelima Makanan pelancar ASI yang kaya antioksidan yaitu teh hijau. Seduhan teh hijau ini dapat membuat pikiran rileks, menjaga kelancaran darah, dan mengontrol kolesterol pada tubuh Bunda.

6. Pepaya

Sumber : Unsplash.com

Yang keenam yaitu Pepaya. Pepaya meruapakan salah satu buah yang mengandung laktogenik atau pelancar ASI. Penelitian menunjukkan, buah dan daun pepaya dapat membantu memperbanyak produksi ASI.

7. Nasi merah

Sumber : Unsplash.com

Yang ke tujuh yaitu Nasi merah. Nasi merah tergolong jenis karbohidrat kompleks yang dapat membantu memperbanyak ASI. Bunda menyusui bisa mengonsumsinya setiap hari sebagai pengganti nasi putih biasa.

8. Kurma

Sumber : Unsplash.com

Yang kedelapan yaitu Kurma. Kurma bisa menambah kadar hormon prolaktin dan memperlancar produksi ASI. Bunda menyusui dapat mengkonsumsi kurma sebagai camilan atau dapat juga menambahnya sebagai topping bubur dan hidangan penutup.

9. Jintan

Sumber : Unsplash.com

Yang kesembilan yaitu Jintan. Jintan tergolong rempah-rempah yang dapat bermanfaat melancarkan ASI. Bunda menyusui dapat mengonsumsi air jintan atau dapat juga menggunakannya sebagai campuran bumbu masakan.

10. Semangka

Sumber : Unsplash.com

Yang kesepuluh yaitu Semangka. Semangka merupakan salah satu buah segar dan banyak air. Semaangka ini bisa membantu memperbanyak ASI. Dalam buah semangka juga terdapat kandungan serat, fruktosa, dan mineral yang sangat penting untuk para pejuang ASI.

KESIMPULAN

  1. Tahu
  2. Wortel
  3. Sayuran Berdaun Hijau
  4. Ikan Salom
  5. Teh Hijau
  6. Pepaya
  7. Nasi Merah
  8. Kurma
  9. Jintan
  10. Semangka

Nah, itu tadi beragam makanan pelancar ASI . Jika Bunda menyusui merasakan produksi ASI-nya masih sedikit walaupun sudah mengkonsumsi beragam makanan pelancar ASI di atas, jangan takut untuk bertanya dan berkonsultasi dengan dokter yang lebih ahli. Semoga bermanfaat ya, Bunda. Kami melayani sewa freezer ASI untuk Bunda di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bunda tidak perlu ribet, tinggal hubungi kami saja, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Bunda dengan senang hati. Bunda bisa menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau bisa melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bisa bermanfaat untuk Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, Bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment