9 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil,Jangan Sampai Salah Pilih Makanan Ya Bunda!

9 Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil,Jangan Sampai Salah Pilih Makanan Ya Bunda!

Saat hamil pasti ada yang perlu diperhatikan salah satunya adalah makanan.Berikut ini adalah daftar makanan yang harus dihindari Ibu hamil.

makanan yang harus dihindari ibu hamil
source ; unsplash.com

Daftar Makanan yang harus dihindari Ibu Hamil

Meskipun Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tapi tidak semua makanan bagus untuk ibu hamil.Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari Ibu hamil:

1. Susu atau keju yang belum dipasteurisasi

source ; unsplash.com

Makanan yang harus dihindari ibu hamil yang pertama adalah susu yang belum di pasteurisasi.Pasteurisasi adalah proses pemanasan yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang ada pada makanan dan minuman,tanpa merusak kandungan yang ada pada makanan tersebut.Oleh sebab itu,Sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi susu yang belum melewati proses tersebut,karena bakteri pada susu tersebut masih belum di sterilkan atau di bunuh dan hal tersebut dapa membahayakan bayi yang ada pada kandungan sang Ibu.

2. Makanan laut yang bermekuri tinggi

source ; unsplash.com

Ikan todak,tenggiri,hiu,tuna, dan kerang merupakan jenis makanan laut yang mengandung merkuri tinggi.Jika dikonsumsi secara berlebihan,merkuri dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pada saraf,ginjal dan sistem kekebalan tubuh pada sang ibu.Selain itu,janin yang sedang dikandung ibu yang mengonsumsi makanan laut yang mengandung merkuri tinggi juga bisa mengalami gangguan pertumbuhan dan kecacatan.

Tapi jika ingin mengonsumsi makanan tersebut bagi ibu hamil disarankan makan 2 porsi per minggu.

3. Ikan mentah atau yang dimasak kurang matang

source ; unsplash.com

Jika Ibu hamil suka mengonsumsi sushi,sebaiknya berhenti dulu selama masa kehamilan.Karena mengonsumsi ikan mentah atau kurang matang dapat menyebabkan resiko infeksi pada ibu hamil.

Tetapi ibu hamil masih bisa mengonsumsi ikan,asal dimasak hingga benar-benar sudah matang.

4. Daging mentah atau kurang matang

source ; unsplash.com

Selalu perhatikan Ibu yang hamil harus mengonsumsi daging yang sudah matang.Hal tersebut sangatlah penitng,karena daging yang belum matang mengandung kuman yang sangat berbahaya.Ketika kuman tersebut masuk ke dalam tubuh Ibu hamil,kuman tersebut bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan janin yang ada dalam kandungan dan Ibu hamil itu sendiri.

5. Buah dan sayuran yang tidak dicuci

source ; unsplash.com

Jangan lupa untuk selalu mencuci buah dan sayuran sebelum Ibu hamil mengonsumsinya.Karena jika belum dicuci kuman dan parasit yang ada pada buah dan sayuran yang kotor tersebut dapat menyebabkan infeksi.Dan hal tersebut juga dapat memperngaruhi janin yang ada pada kandungan.

6. Jeroan

Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi jeroan.Karena meski jeroan adalah makanan yang memiliki banyak nutrisi.Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi jeroan sebanyak sekali dalam seminggu,dan dengan porsi secukupnya.Terlalu banyak mengonsumsi jeroan dapat menggangu pertumbuhan janin dan dapat menimbulkan gangguan hati pada ibu hamil.

7. Telur Mentah

source ; unsplash.com

Telur mentah dan makanan yang dibuat dari telur mentah sangat beresiko karena terkontaminasi oleh bakteri Salmonela

Bakteri Salmonela dapat menimbulkan infeksi yang membuat ibu hamil muntah-muntah,demam,diare, dan kram perut.Dalam berbagai kasus,kram perut dapat mengakibatkan kelahiran prematur.

8. Kafein

source ; unsplash.com

Sebenarnya Ibu hamil boleh mengonsumsi kafein,tetapi harus dibatasi.Karena kafein dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan janin.Kafein bahkan dapat menyebabkan keguguran,jika ibu hamil mengonsumsinya secara berlebihan.

Ibu hamil hanya boleh mengonsumsi kafein dalam sehari tidak lebih dari 200 mg atau sekitar 2-3 gelas kopi.

9. Alkohol

source ; unsplash.com

Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol sama sekali.Meski hanya dalam jumlah kecil,Karena alkohol dapat menyebabkan gangguan dalam perkembangan janin dan dapat menimbulkan masalah kesehatan berupa fatal alcohol syndrome.Selain itu ,mengonsumsi alkohol juga dapat mengakibatkan keguguran.

Jika ibu hamil memiliki alergi atau penyakit tertentu,Maka makanan yang harus dihindari ibu hamil adalah makanan yang dapat menyebabkan alergi atau penyakit tersebut.Jangan lupa konsultasikan langsung dengan dokter kandungan.Dokter dapat memberitau makanan yang harus dihindari ibu hamil tersebut.

Nah, bunda itu tadi Makanan yang harus dihindari ibu hamil. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment