Bolehkah Bayi Minum Susu Formula Dan Asi,Dan Apakah Aman?

Bolehkah Bayi Minum Susu Formula Dan Asi,Dan Apakah Aman?

Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI secara bersamaan?Atau dicampur dalam satu botol? Pasti bunda bertanya tanya tentang hal tersebut.Mari simak penjelasan dibawah ini

bolehkah bayi minum susu formula dan asi

ASi merupakan nutrisi yang paling penting bagi bayi, terutama pada enam bulan pertama bayi baru lahir.

Akan tetapi,tidak sedikit bayi yang terpaksa minum susu formula dibandingkan ASI pada usia awal kehidupannya tersebut. Termasuk ASI yang dicampur dengan susu formula.

Lalu,Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI?

Bolehkah Bayi Minum Susu Formula Dan ASI?

Susu formula mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.Memperkenalkan susu formula kepada bayi saat beberapa minggu kehidupannya atau beberapa bulan kemudian tidak mengindikasikan bahwa masa menyusui Bunda akan segera berakhir

Sebagian ibu merasa bingung,sebenarnya bolehkah bayi minum susu formula dan ASI? Bukankah kandungan pada kedua susu tersebut berbeda dan tidak dapat dicerna dengan baik?

Mencampur ASI dengan susu formula menjadi hal penting dalam kasus ini.

Meskipun sebenarnya bahwa direkomendasikan untuk memberikan ASI kepada bayi selama 6 bulan setelah lahir,Namun hal tersebut tidaklah mudah.

Menurut dr. Yoga Devaera, SpA, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Mengenai tentang bolehkan ASI dicampur dengan susu formula,ia menyatakan bahwa bisa dilakukan tapi dalam kondisi terpaksa.

Artinya,bolehkah bayi minum susu formula dan ASI bisa dilakukan ,jika tidak ada pilihan lain selain memberikan susu fromula yang bergantian dengan ASI.

Pencampuran tersebut tidak akan merusak sistem pencernaan tapi dapat menimbulkan alergi.

Alergi tersebut muncul akibat adanya perbedaan sumber protein yang ada dalam susu formula dan ASI. Sebab, sebagian besar protein di dalam susu formula berasa dari susu sapi.

Beberapa kondisi terpaksa tersebut adalah:

  • Ketika Bunda tidak memiliki produksi ASI yang cukup bagi si bayi
  • Ketika kondisi Bunda tidak memungkinkan untuk memompa ASI
  • Ketika BUnda membutuhkan waktu istirahat extra

Selain itu,Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI? Jawabannya boleh, apabila Bunda dalam keadaan bekerja dan jarang berada dirumah.

Jika Bunda kesulitan untuk memompa, Maka pertimbangkan terlebih dahulu untuk memberikan kombinasi tersebut. Misalnya, dapat menyusui pada pagi dan sore hari, dan memberikan susu formula pada selang-selang waktu tersebut.

Butuh waktu bagi suplai untuk menhyesuaikan diri dengan perubahan ini,Jadi Bunda jangan terlalu memaksakan diri ya.

Juga perlu diperhatikan bahwa bayi mungkin mengalami siklus yang dimana ia lebih sering ingin menyusu saat Bunda dirumah.

Susu formula dapat menawarkan pilihan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi si bayi.

Bolehkah ASI Dicampur Susu Formula Dalam Satu Botol?

Selain bolehkah bayi minum susu formula dan ASI,lalu bolehkah ASI dicampur susu formula dalam satu botol?

Apakah hal tersebut boleh dilakukan? Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI? Bolehkah ASI dicampur susu formula dalam satu botol untuk satu kali konsumsi?Amankah untuk bayi?

Centers of Disease Control and Prevetion menyebutkan, menambahkan formula bubuk atau formula cair pekat langsung ke dalam ASI sebelum diencerkan dengan air, keseimbangan nutrisi ASI dan susu formula akan berubah.

Ginjal pada bayi yang baru lahir membutuhkan air yang cukup untuk memproses semua nutrisi yang ada dalam makanan,terutama protein dan garamnya.

Karena itu, saat menyiapkan susu formula untuk bayi, Bunda harus selalu menggunakan jumlah air yang benar dan mengikuti semua petunjuk yang diberikan.

Ada baiknya juga berkonsultasi kepada dokter sebelum mencobanya ya Bunda.

Sebenarnya lebih baik jika bunda memberikan lebih bnayka ASI perah kepada bayi sebelum memberikan susu formula.

Karena dalam ASi terdapat nutrisi yang merupakan faktor antiinfeksi hal tersebut membuat kesehatan dan tumbuh kembangnya menjadi saemakin baik.

Sheela Geraghty, M.D., direktur medis Cincinnati Children’s Center for Breastfeeding Medicine, Menyarankan jika bayi masih terlihat lapar setelah menyusu,segera konsultasikan dengan dokter anak.

Dalam kondisi ini,Bunda disarankan memompa ASI untuk meningkatkan produksi,termasuk mengonsumsi makanan-makanan yang berguna meningkatkan produksi ASI dan memenuhi kebutuhan makan si bayi dengan memberikan susu formula selama beberapa waktu.

tidak peduli seberapa banyaknya ASI yang bisa Bunda hasilkan,lebih baik susu bayi hanya dengan ASI.

Namun,dalam kondisi tertentu,Bunda bisa memberikan 30 ml atau maksimal 60 ml susu formula tergantung dengan kebutuhan si bayi.Bukan di campur dalam botol yang sama tetapi diberikan secara bergantian.

Mencampur ASi dengan susu formula dalam satu botol hanya akan mengubah nutrisi yang ada dalam ASI.

Risiko ASI Campur Susu Formula

Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI, Meski hal tersebut boleh tetapi itu juga mempunyai risiko.

Berikut ini adalah resiko ketika ASi dicampur susu formula dalam satu botol.

waspadai konsekuensinya sehingga Bunda dapat membuat keputusan yang tepat.

1. Membuang-buang ASI

Pasti Bunda masih merasa belum yakin,Bolehkan ASI dicampur susu fromula dalam satu botol?

Khawatir karena ASI akan terbuang sia-sia. Tidak ada Bunda yang ingin merasakan proses menjadi seorang ibu itu menjadi sia-sia.

Pertimbangkan terlebih dahulu untuk memberikan ASI, setelah itu baru menawarkan susu formula secara bergantian jika si bayi masih terasa lapar.

2. Persediaan Tidak Cukup

Menambahkan susu formula dan ASI menyebabkan persediaan harus selalu mencukupi.

Ketika Bunda menyeling susu formula atau mencampurkan susu formula dan ASI dalam satu botol,Hal itu dapat menyebabkan penurunan suplai ASI.

Melengkapi secara bertahap dapat membantu Bunda mempertahankan pasokan yang terus mencukupi.

3. Risiko Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,penting untuk menyiapkan formula dengan benar dan sesuai petunjuk.ASI tidak boleh digunakan sebagai pengganti air untuk mencampur susu formula.Karena dapat membahayakan kesehatan bayi.

Selain itu,ASi yang dicampur dengan susu formula memiliki umur simpan yang jauh lebih pendek daripada ASI murni.ASI yang sudah dicampur dengan susu formula harus segera dibuang dalam waktu satu jam setelah digunakan.

Nah bagaimana Bunda, lebih tenang kan setelah mengetahui “bolehkah ASI dicampur susu formula”? dan “Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI”?

Oleh karena itu,Hindari mencampur ASI dengan susu formula,ya Bunda.

Nah, bunda itu tadi Bolehkah bayi minum susu formula dan ASI. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment