Yuk Kenali Ciri-Ciri Bayi Kurang Asi

Yuk Kenali Ciri-Ciri Bayi Kurang Asi

Terkadang Bunda pasti khawatir tentang apakah bayi bunda sudah cukup diberikan ASI atau belum.Untuk mengetahui yuk baca tentang ciri-ciri bayi kurang ASI.

ciri-ciri bayi kurang asi
Source : unsplash.com

Saat menyusui,Pastikan Bunda mendengar bahwa si bayi mengisap dan menelan ASI dalam pola teratur.Selain itu,bayi juga harus terlihat tenang setelah menyusu,misalnya tertidur atau terlihat tenang.Jika hal tersebut terpenuhi bunda tidak perlu khawatir jika bayi bunda mengalami kekuarangan ASI.

Namun jika bunda masih ragu,ada beberapa tanda lain jika bayi sudah mendapatkan cukup ASI.

Dibawah ini akan menjelaskan ciri-ciri bayi yang sudah cukup ASI dan ciri-ciri bayi kurang ASI.

Yang pertama adalah ciri-ciri bayi sudah cukup ASI.

Tanda Bayi Cukup ASI

Bayi yang sudah mendapatkan cukup ASI memiliki tanda-tanda dibawah ini:

Berat badannya bertambah

Peningkatan berat badan bayi merupakan salah satu ciri bahwa bayi sudah cukup diberikan ASI.Namun jika bayi mengalami penurunan berat badan dalam waktu 1 minggu setelah lahir hal tesebut adalah hal yang normal.

Penurunan berat badan pada bayi yang normal adalah 5% dari berat lahir pada bayi yang diberi susu formula,dan 7-10% pada bayi yang diberikan ASI.

Contohnya pada bayi yang memiliki berat badan 3kg dan diberi ASI maka penurunan berat hingga 2,3kg di minggu pertama adalah hal yang normal.

Berat badan bayi yang sehat dan sudah mendapat cukup ASI akan bertambah setelah satu atau dua minggu.Maka dari itu,Bunda perlu memeriksakan berat badan si bayi secara rutin dan berkala di Posyandu.

Baca Juga : Penjelasan Mengenai Bayi Tabung,Yuk Simak Agar Bunda Paham.

Buang air kecil secara teratur

Berapa kali bunda mengganti popok si bayi dalam satu hari? Normalnya,pada bayi yang berusia di bawah 5 hari perlu diganti popoknya hingga 6 kali dalam sehari.Saat usia bayi lebih dari 5 hari, popoknya perlu diganti 6-8 kali dalam sehari,jika si bayi mendapatkan cukup ASI.

Pada bayi yang cukup diberikan ASI,popoknya akan terlihat basah setiap kali diganti,dengan warna urine yang jernih atau kering.Dan juga perlu diperhatikan perubahan warna tinja pada si bayi.Pada beberapa hari pertama setelah lahir ,tinjanya akan memiliki warna yang gelap dan lengket.Namun jika bayi sudah diberikan cukup asi maka tinjanya akan bewarna kuning cerah.

Terlihat tenang dan nyaman

Aktivitas dan mood bayi yang menjadi bagus setelah menyusu juga dapat memberikan tanda bahwa dia sudah diberi cukup ASI.Karena bayi yang sudah kenyang tidak akan rewel dan kadang langsung tertidur pulas.

Setelah mengetahui bayi yang sudah cukup ASI,Selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri bayi kurang ASI.

Ciri-Ciri Bayi Kurang ASI

Bayi yang kurang mendapatkan ASI dapat mengalamai dehidrasi dan gangguan tumbuh kembang.Dibawah ini adalah ciri-ciri bayi kurang ASI:

  • Berat bayi berkurang.Jika bayi tidak mengalami penambahan berat badan atau bahkan turun segera bawa ke dokter anak.
  • Feses si bayi berwarna gelap setelah berusia lima hari.
  • Mulut dan mata pada bayi kering.
  • Popok bayi diganti kurang dari 6 kali sehari,dan kering setiap diganti.
  • Urine bayi berwarna kuning tua atau seperti jus apel.
  • Bayi rewel meski sudah menyusu lebih dari satu jam.
  • Bayi tidak terlihat meneguk ASI.

Selain ciri-ciri bayi kurang ASI, perhatikan juga kondisi payudara bunda setelah menyusu.Jika si bayi sudah meminum cukup ASI,payudara bunda pasti akan terasa lebih ringan.

Di atas tadi sudah membahas tentang ciri-ciri bayi kurang ASI, dan dibawah ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan saat menyusui,agar si bayi mendapatkan cukup ASI.

  • Rasakan mulut bayi saat menyusu,dan pastikan mulutnya menyedot puting susu dengan benar.
  • Perhatikan lidan bayi saat menyusu.Jika bayi memiliki gangguan pada lidahnya hal itu dapat membuat bayi sulit untuk menyusu.
  • Periksalah payudara Bunda setelah menyusui,Jika masih terasa penuh atau tidak kosong,bisa saja si bayi tidak menyusu dengan baik.
  • Perhatikan sikap si bayi setelah menyusu,apakah terlihat tenang atau justru gelisah.
  • Perhatikan warna kulit si bayi juga.Jika warna kulit bayi menjadi lebih kuning setelah minggu pertama kelahirannya,maka segera periksakan ke dokter.

Pada ibu yang menyusui,puting lecet,nyeri ,atau terasa seperti digigit itu menandakan bahwa si bayi tidak menyusu dengan benar.Agar si bayi bisa menyusu dengan benar,berkonsultasilah dengan dokter.

Selain itu,lakukan penimbangan berat badan si bayi secara rutin untuk mengetahui apakah si bayi mendapatkan cukup ASI dan memantau pertumbuhannya.

Nah, bunda itu tadi ciri-ciri bayi kurang ASI. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment