Penjelasan Mengenai Bayi Tabung, Yuk Simak Agar Bunda Paham!

Penjelasan Mengenai Bayi Tabung, Yuk Simak Agar Bunda Paham!

Apasih Bayi Tabung itu? pasti bunda ada yang tidak tau mengenai hal tersebut. Mari simak artikel dibawah untuk mengetahui lebih jelas tentang bayi tabung!

bayi tabung
source : unsplash.com

Bayi tabung adalah prosedur untuk menciptakan kehamilan pada pasangan yang memiliki gangguan kesuburan atau infertilitas.

Prosedur itu dilakukan dengan cara mempertemukan sel telur dan sel sperma di luar tubuh,yaitu di dalam tabung khusu laboratorium.Setelah sel telur berhasil dibuahi,janin yang sudah terbentuk akan ditanam di dalam rahim untuk menghasilkan kehamilan.

Serangkaian Prosedur Bayi Tabung

bayi tabung
source : unsplash.com

Prosedur bayi tabung umumnya dianjurkan oleh dokter ketika mengkonsumsi obat-obatan,tindakan bedah,atau inseminasi buatan tidak mampu mengatasi masalah ketidak suburan.Hal itu juga dapat dilakukan oleh pasangan yang sudah menciptakan kehamilan selama bertahun-tahun,tapi tidak berhasil.

Berikut ini adalah serangkaian prosedur yang harus bunda ketahui:

  • Prosedur tersebut dimulai dengan cara memberikan suntikan hormon kepada calon ibu.Suntikan itu berfungsi untuk memproduksi beberapa sel telur sekaligus.
  • Setelah itu,Obat-obatan akan diberikan ke calon ibu tersebut untuk membantu mematangkan sel telur yang akan berkembang dan merangsang proses ovulasi atau pelepasan sel telur.
  • Setelah itu akan dilakukan pengujian melalui tes darah untuk menentukan kesiapan tubuh untuk melakukan proses pengambilan sel telur.
  • Setelah sel telur di tubuh calon ibu sudah matang,dokter akan mengambil sel telur tersebut dengan jarum khusu.Prosedur ini dilakukan dengan bantuan USG dan berlangsung selama 30-60 menit.
  • Setelah itu, sel telur akan dipertemukan dengan sel sperma calon ayah.Sel sperma ini diambil di hari yang sama dengan pengambilan sel telur.Kemudian,sel telur yang telah berhasil dibuahi akan disimpan dan dipantau di laboratorium.
  • Saat embrio sudah matang,embrio akan dimasukkan ke dalam rahim calon ibu menggunakan tabung penyalur yang disebut kateteer.Untuk memperbesar kemungkinan hamil,3 embrio akan dimasukan secara sekaligus.
  • Dua minggu setelah di transfer,Calon ibu akan diminta untuk melakukan tes kehamilan.

Berbagai Kondisi yang Membutuhkan Prosedur Bayi Tabung

Untuk sebagian perempuan yang sudah berusia diatas 40 tahun, metode bayi tabung selalu disarankan untuk mengatasi ketidak suburan.Selain itu, prosedur itu juga biasanya disarankan untuk kondisi yang kesulitan hamil,seperti:

  • Memiliki gangguan pada rahim
  • Memiliki gangguan ovulasi yang membuat produksi sel telur tidak optimal
  • Memiliki gangguan pada sperma pasangan,bisa jumlah sperma terlalu sedikit atau tidak mampu mencapai rahim
  • Memiliki masalah sistem kekebalan tubuh yang dapat menganggu sel telur atau sperma
  • Memiliki penyakit keturunan atau kelainan genetik

Mempertimbangkan Risiko Prosedur Bayi Tabung

bayi tabung
source : unsplash.com

Jika Bunda dan pasangan bunda berencana untuk melakukan bayi tabung,bahwa harus diketahui prosedur ini tetap memiliki resiko yang harus dipertimbangkan.Meski jarang terjadi,prosedur ini dapat menyebabkan infeksi,pendarahan,atau kerusakan pada organ tubuh tertentu,misalnya usus.

Selain itu,perempuan yang menjalani prosedur itu juga bisa mengalami sindrom hiperstimulasi ovarium.Hal ini terjadi karena akibat efek samping obat-obatan yang digunakan untuk merangsang pembentukan sel telur.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gejala yang beragam,misal kembung,kram,sembelit,hingga rasa sakit pada perut.

Baca juga : 7 Tips Mengatur Jarak Pemberian Asi dan susu Formula Pada Bayi

Selain itu,masih ada beberapa resiko lain yaitu:

  • Keguguran
  • Kehamilan kembar,jika embrio yang ditanamkan lebih dari satu dan berhasil tumbuh
  • Kelahiran prematur
  • Kehamilan di luar kandungan\
  • Kelainan genetik pada janin

Selain itu,prosedur bayi tabung dapat menguras banyak tenaga,emosi,dan biaya yang bisa menimbulakn stres.Hal itu juga dapat menggaggu efektivitas pada prosedur bayi tabung

Faktor Penentu Keberhasilan Prosedur Bayi Tabung

bayi tabung
source : unsplash.com

Ada beberapa faktor yang dapat menentukan keberhasilan bayi tabung.Usia calon ibu merupakan salah satu faktor utama keberhasilan tersebut.Usia optimal untuk keberhasilan proses bayi tabung adalah sekitar 23-39 tahun,dengan presentase tertinggi di bawah usia 35 tahun.

Selain usia ,faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan yaitu riwaya kesehatan organ reproduksi,dan faktor gaya hidup.

Mengingat banyaknya bahwa banyak yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan prosedur bayi tabung,Bahwa bunda dan pasangan bunda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.Dengan begitu,Dokter bisa memberi saran yang tepat kepada bunda.

Nah, bunda itu tadi penjelasan mengenai Bayi Tabung. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment