13 Manfaat ASI Bagi Bayi Dan Bunda,Agar Bunda Mengetahui Yuk Simak!

13 Manfaat ASI Bagi Bayi Dan Bunda,Agar Bunda Mengetahui Yuk Simak!

Tidak ada asupan yang lebih baik untuk bayi selain ASI.Artikel dibawah ini menjelaskan tentang manfaat ASI yuk baca!

manfaat asi
Source : Pexels.com

Beragam Manfaat ASI Eksklusif

Tidak hanya untuk bayi,memberikan ASI juga memberikan manfaat bagi ibu.Berikut adalah manfaat ASI Bagi bayi dan Bunda.

1. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat

Manfaat ASI yang pertama adalah Membuat sistem kekebalan tubuh pada bayi menjadi lebih kuat karena dalam ASI mengandung zat antibodi yang dapat melawan bakteri dan virus. Jadi Bayi yang diberikan ASI lebih kecil mempunyai resiko terkena penyakit.

2. Membuat anak cerdas

Manfaat ASI yang kedua adalah dapat membuat anak cerdas.Menurut para ahli memberikan ASI selama 6 bulan pertama hidupnya dapat membuat anak cerdas.Karena asam lemak yang terdapat pada ASI memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi

Selain itu,hubungan emosional antara Bunda dan Si bayi yang dapat terjalin saat proses menyusui akan memberikan kontribusi positif bagi kecerdasan si bayi.

Hal ini didukung oleh berbagai hasil penelitian yang menunjukan bahwa bayi yang mendapat ASI,memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi

3. Berat badan anak ideal

Manfaat ASI yang ketiga adalah dapat memberikan berat badan anak yang ideal.Anak yang mendapat ASI biasanya tidak mengalami kelebihan berat badan.Para ahli mengemukakakn,ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula.

Hormon insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak.Selain itu,ASI mendukung pertumbuhan bakteri sehat yang hidup dalam sistem pencernaan.Hal ini mempengaruhi metabolisme tubuh dan dapat berkontribusi terhadap berat badan yang ideal.

4. Mengurangi risiko alergi pada anak

Manfaat ASI juga dapat mengurangi resiko alergi pada anak.Karena ASI mengandung 5 antibodi,yaitu imunoglobulin A, D, G, M, dan igE. Antibodi tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri yang dapat membuat tubuh bayi agar sehat dan terhindar dari alergi.

5. Mendapat limpahan kolesterol

Yang selanjutnya adalah mendapat limpahan kolestrol. Pada orang dewasa kolestrol adalah suatu penyakit,tapi untuk bayi sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya dan zat tersebut banyak terdapat pada ASI.

6. Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Manfaat ASI juga dapat mengurangi resiko sindrom kematian bayi mendadak.Penelitian menunjukan bahwa efek pada ASI dapat mengurangi resiko terjadinya hal SIDS dan baru akan terlihat Jika ASI diberikan secara ekslusif minimal 2 bulan.

7. Memperkuat hubungan ibu dan anak

Manfaat ASI berikutnya adalah dapat memperkuat hubungan ibu dan anak.Karena saat menyusui,Bunda akan bersentuhan dengan si bayi dan saling bertatapan.Hal itu dapat memperkuat hubungan antara Ibu dan Bayi.

8. Melangsingkan tubuh

Menyusui juga dapat melangsingkan tubuh,Karena menyusui dapat membakar kalori.Dan tubuh akan membakar sekitar 500 kalori ketika memproduksi ASI.

Baca Juga: Yuk intip , 7 Tips Memilih Baju Menyusui Yang Nyaman Saat Dipakai Bunda

9. KB alami

Memberikan ASI juga merupakan metode KB alami.Namun, manfaat ini hanya efektif jika bunda menyusui secara ekslusif kapan pun dia mau,baik siang maupun malam.

10. Mengurangi stres

Yang selanjutnya dapat mengurangi stres.Karena menyusui akan merangsang produksi hormon oksitosin yang bisa membuat bunda merasa lebih relaks.Menyusui juga lebih praktis,karena tidak perlu membuat susu formula.

11. Mengurangi perdarahan

Yang selanjutnya dapat mengurangi pendarahan.Hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui juga dapat membantu rahim berkontraksi.Hal tersebut dapat mengurangi resiko pendarahan usai persalinan,sekaligus mempercepat bentuk rahim seperti sebelum hamil.

12. Mengurangi risiko penyakit

Memberikan ASI pada bayi juga dapat menurunkan resiko kanker payudara dan ovarium.Semakin lama bunda mneyusui,semakin bunda terlindungi dari penyakit ini.Hal itu bisa terjadi karena menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen.

13. Hemat uang

Dan yang terakhir adalah hemat uang.Karena dengan memberikan ASI Bunda tidak perlu membeli susu formula dan dapat menghemat uang.

Nah, bunda itu tadi Manfaat ASI. Semoga bermanfaat ya, bunda. Kami melayani sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ayah dan Bunda tidak perlu repot, tinggal hubungi kami, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Ayah dan Bunda. Ayah dan Bunda dapat menghubungi kami di 081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel-artikel yang kami harap bermanfaat untuk Ayah dan Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru, Ayah dan Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, bunda. Sumber : Dari Berbagai Sumber Pict From : Freepik

Write a Comment