Inikah 5 Hal Yang Mempengaruhi Rasa ASI Bunda, Yuk intip Bun!

Inikah 5 Hal Yang Mempengaruhi Rasa ASI Bunda, Yuk intip Bun!

Rasa ASI buktinya, sebagian besar Bunda menyusui pernah mencicipi ASI mereka, atau pasangan mereka tanpa sengaja atau disengaja mencari tahu Rasa ASI. Rasanya seperti susu, tetapi tidak terlalu kental. Rasa ASI yang normal ialah susu almond yang diberi pemanis tambahan. rasanya ASI seperti air tawar yang manis.

Rasa ASI
Ilustrasi Rasa ASI

Selanjutnya, banyak yang menyebut Rasa ASI seperti melon, madu, es krim hingga timun. Sebetulnya tidak ada satu deskripsi yang menerangkan rasa yang sebenenarnya. Saat Bunda menjalankan program ASI eksklusif, ada kandungan air, lemak, protein, dan nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi. Kandungan laktosa dalam ASI membuat terdapat rasa manis di dalamnya.

Hal yang berpengaruh terhadap rasa ASI Bunda?

Ada banyak hal yang membuat rasa berubah. Bayi dapat tahu dan bisa juga tidak.
Beberapa hal yang memengaruhi rasa ASI Bunda, sebagai berikut :

1. Hormon

Sumber : Unsplash.com

Perubahan level hormon di tubuh Bunda menyusui saat kembali haid atau bahkan hamil dapat mempengaruhi terhadap rasa ASI. Selagi tidak ada penolakan dari bayi, maka menyusui dapat tetap dilanjutkan walau Bunda sudah kembali melewati siklus haid.

Tetapi bagi Bunda menyusui yang kembali hamil, perhatikan apa ada reaksi pada kehamilan bila terus menyusui. Saat masa kehamilan tidak ada resiko yang tinggi, maka dari itu tak ada masalah.

2. Olahraga

Sumber : Unsplash.com

Berolahraga secara rutin ternyata dapat menyebabkan perubahan rasa ASI. Hal ini t karena ada penumpukan asam laktat di tubuh ketika olahraga yang dilakukan Bunda terlalu keras.

Sebisa mungkin Bunda memilih jenis olahraga dengan intensitas ringan atau sedang. Sebelum menyusui Bayi, Bunda sudah membilas atau membersihkan payudara Bunda supaya tidak ada bekas keringat.

3. Mengkonsumsi Obat

Sumber : Unsplash.com

Bunda yang menyusui, mengonsumsi obat dapat berpotensi mengalami perubahan rasa ASI. Umumnya, obat yang bisa mengubah rasanya jadi pahit yaitu obat antibiotik, seperti metronidazole.

Rasa ini bisa mengganggu bayi. Malah bayi tidak menyukai rasanya sehingga akan rewel tak bisa terhindari. oleh karena itu konsul dengan dokter agar memperoleh alternatif lain.

4. Mengkonsumsi Alkohol

Sumber : Unsplash.com

Rasa ASI Bunda akan berubah ketika Bunda menyusui mengonsumsi minuman yang beralkohol. Supaya tidak ada perubahan rasa, Bunda alangkah baiknya berhenti konsumsi alkohol saat menyusui.

Jikalau susah menghindarinya ,lakukan stop konsumsi 2 jam sebelum Bunda menyusui supaya mengurangi perubahan rasanya.

5. Membekuan ASI

Sumber : Unsplash.com

Tidak hanya itu, ASI perah yang masih segar juga mempunyai rasa dan aroma berbeda dibanding dengan yang disimpan cukup lama di freezer. Ada aroma dan rasa seperti besi saat ASI telah cukup lama dalam lemari pendingin. Jelasnya aroma dan rasa ASI yang normal tidak terlalu menyengat.

Saat ada rasa ASI yang beraroma menyengat dan kurang sedap, ini jadi ciri ASI yang kualitasnya menurun dan sudah rusak. Hal yang menjadi sebabpun banyak, mulai dari kesalahan cara menyimpan ASI yang tidak rapat, campur dengan bahan makanan lain dikulkas, atau ciri-ciri ASI basi sudah muncul.

Apakah rasa ASI berubah saat menstruasi?

Sumber : Unsplash.com

Menstruasi bisa memengaruhi rasa ASI selama masa menyusui Bunda. Menurut pengamatan, berubahnya rasa bisa disebabkan oleh berubahnya komposisi ASI selama masa ovulasi. Ketika Bunda menstruasi, kadar natrium dan klorida dalam ASI akan terjadi kenaik, sementara gula susu serta kalium akan mengalami penurunan. Keadaan itu menyebabkan rasa ASI jadi kurang manis dan lebih asin saat masa menstruasi.

Perubahan rasa juga terjadi, payudara Bunda jadi terasa lebih penuh dan lembut saat masa Bunda menstruasi. Hal itu dikarenakan perubahan tingkat estrogen dan progesteron ketika Bunda masa ovulasi.

Bolehkah orang dewasa konsumsi ASI?

Sumber : Unsplash.com

Orang dewasa minum ASI boleh saja. Tetapi, ASI masih bagian dari cairan yang dikeluarkan oleh tubuh, sehingga penting untuk tahu bahwa ASI yang diminum berasal dari ibu yang sehat. Beberapa penyakit tertentu seperti HIV dan hepa titis bisa saja ditularkan melalui ASI. Dari pandangan lain, yang menggunakan ASI untuk terapi pengobatan kanker. ASI juga dipercaya mempunyai elemen penghancur tumor yang bisa mematikan selnya. Masih sangat sedikit pengamatan yang menunjukkan bahwa benar adanya.

Walaupun, konsumsi ASI alangkah baiknya tetap dibatasi untuk bayi Bunda. ASI memang mempunyai banyak nutrisi dan gizi, tetapi semua tak akan memberi pengaruh terhadap tubuh orang dewasa yang sehat.

Nah, itu tadi beberapa hal Yang mempengaruhi Rasa ASI Bunda. Semoga berguna untuk Bunda. Kami juga melayani Bunda jika berminat sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bunda bisa hubungi saja, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Bunda sampai ke tujuan. Bunda bisa menelepon kami di  081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau dengan melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menyediakan artikel lain semoga bisa bermanfaat untuk Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru,Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau juga bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, Bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment