6 ASI Booster Alami yang Baik Dikonsumsi Bunda yang sedang Menyusui

6 ASI Booster Alami yang Baik Dikonsumsi Bunda yang sedang Menyusui

Banyak Bunda yang sedang menyusui mengalami minimnya produksi ASI. Oleh karena itu, banyak Bunda menyusui mencari ASI Booster. Sekarang banyak booster ASI yang dijual secara bebas dalam bentuk, susu,teh, dan juga suplemen. Akan tetapi, booster ASI tersebut memiliki harga yang tidak murah. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Bunda bisa mencoba ASI Booster dari bahan alami. Selain lebih murah harganya, bahan yang digunakan aman dan minim efek samping.

ASI Booster
Ilustrasi ASI Booster

Bahan ASI Booster Alami

Lalu, apa saja bahan alami untuk ASI Booster produksi ASI Bunda tersebut. Yuk Bunda, Cek beberapa bahan alaminya, siapa tahu ada di dapur Bunda. Berikut bahan-bahannya :

1. Jahe

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang pertama yaitu Jahe. Tak hanya menambah daya tahan tubuh dan mengurangi mual-mual, jahe juga bisa untuk mempercepat pemulihan setelah melahirkan dan menambah produksi ASI. Meski bermanfaat, Bunda yang menyusui harus tetap memastikan jumlahnya.

Terlalu banyak mengonsumsi jahe bisa jadi penyebab penyakit seperti keluhan diare, perut kembung, dan menambah risiko perdarahan.

2. Kacang – kacangan

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang kedua yaitu Kacang-kacangan. Siapa Bunda yang tidak suka dengan kacang-kacangan, seperti kacang almon, kacang garbanzo, kacang tanah, dan kacang lainnya. Jika Bunda salah satu yang tidak menyukai berbagai macam kacang, barangkali kini bisa memutuskan untuk mencoba menyukai kacang-kacangan.

Sebab, di dalam kacang-kacangan terdapat banyak kandungan protein tinggi dan kalsium yang baik untuk ASI Bunda. Kandungan galactagogue di dalam kacang juga baik untuk meningkatkan produksi ASI Bunda.

3. Biji Wijen

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang ketiga yaitu Biji Wijen. Di Indonesia, biji wijen atau sesame seeds sering dimanfaatkan sebagai pelengkap masakan Bunda. Kiranya, biji wijen tergolong ke dalam salah satu booster ASI alami yang bisa Bunda konsumsi untuk sehari-hari.

Biji wijen mengandung banyak kalsium yang tinggi dan galactagogue sehingga bisa berpengaruh terhadap jumlah ASI Bunda. Bunda juga bisa mengonsumsi biji wijen secara langsung atau menambahkan biji wijennya sebagai bahan pelengkap pada masakan Bunda maupun salad.

4. Jintan

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang keempat yaitu Jintan. Jintan atau sering dikenal dengan jinten, tergolong ke dalam salah satu rempah-rempah yang sering dimanfaatkan Bunda untuk memasak. Tidak hanya bijinya saja sebagai bumbu dapur, bagian daunnya juga dapat dikonsumsi.

Mengonsumsi daun jintan dipercaya bisa untuk menambah produksi ASI Bunda. Kandungan estrogen dalam daun tumbuhan jintan ini yang mampu merangsang produksi ASI Bunda.

5. Bawang Putih

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang kelima yaitu Bawang putih merupakan salah satu bumbu rempah masak yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, mencegah infeksi, dan juga menurunkan kadar kolesterol. Selain manfaat tersebut, sebetulnya bawang putih bisa dikonsumsi oleh Bunda yang menyusui karena dipercaya bisa merangsang produksi ASI Bunda. Walaupun demikian,

Bunda perlu sangat berhati-hati dalam mengonsumsi bawang putih. Jika mengkonsumsi terlalu berlebihan, bawang putih bisa mengubah bau dan rasa ASI Bunda. Akibatnya, bisa saja bayi tidak mau menyusu dan menyebabkan keluhan kolik pada si Kecil Bunda.

6. Gandum Utuh

Sumber : Unsplash.com

ASI Booster alami yang keenam yaitu Gandum Utuh. Ketika Bunda sedang menyusui, Bunda dianjurkan untuk mengkonsumsi gandum utuh sebagai sumber karbohidrat selain nasi putih. Gandum utuh juga bisa didapatkan dalam bentuk seperti oatmeal, sereal, dan juga roti gandum.

Selain karbohidrat, gandum mengandung banyak serat yang cukup, asam folat , dan zat besi yang baik untuk meningkatkan kualitas ASI Bunda.

Kesimpulan :

  1. Jahe
  2. Kacang-kacangan
  3. Biji Wijen
  4. Jintan
  5. Bawang Putih
  6. Gandum Utuh

Nah, itu tadi beragam ASI Booster alami yang patut Bunda coba saat mengalami penurunan produksi ASI yaa Bunda. Semoga berguna untuk Bunda. Kami juga melayani Bunda yang ingin sewa freezer ASI di area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bunda tidak perlu datang langsung ke tempat kami, Bunda tinggal hubungi kami saja, dan kami yang akan mengantarkan freezernya ke rumah Bunda sampai ke tujuan. Bunda bisa menelepon kami di  081553328867 (Bisa SMS maupun WA) atau dengan melalui email kami di bayianda.lux@gmail.com.

Kami juga menampikan artikel-artikel lain dengan harapan bisa bermanfaat untuk Bunda sekalian di website ini. Untuk mendapatkan update terbaru,Bunda dapat mengikuti artikel-artikel terbaru kami dengan membuka blog kami di www.sewafreezerasi.com atau juga bisa melalui Facebook kami di https://www.facebook.com/SewaFreezerAsi dengan me-like page kami tersebut, bisa melalui facebook.com. Nantikan artikel kami selanjutnya ya, Bunda.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Pict From : Freepik

Write a Comment