Menyusui Bayi Berapa Jam Sekali yang Seharusnya Dilakukan?

Menyusui Bayi Berapa Jam Sekali yang Seharusnya Dilakukan?

Menyusui bayi berapa jam sekali? menyusui merupakan hal penting yang harus dilakukan seorang ibu yang baru melahirkan. Tetapi tidak semua ibu apalagi yang baru melahirkan faham dan mengerti persiapan. Makanan utama satu-satunya bayi yang baru lahir sampai umur 6 bulan kedepan adalah ASI eksklusif, maka dari itu para ibu khususnya yang baru melahirkan patut mengetahui jadwal pemberian ASI.

Karena pemberian ASI yang terjadwal akan mempengaruhi asupan gizi kedepannya. Jika para ibu dirumah belum tahu kapan jadwal menyusui bayi berapa jam sekali, kami akan merangkumkan kapan jadwal yang tepat untuk memberikan ASI.

Kapan Jadwal Menyusui Bayi Setiap Harinya?

Menyusui bayi berapa jam sekali
Menyusui bayi berapa jam sekali

Ibu yang baru saja melahirkan dapat memberikan ASI kepada bayi, karena ada banyak manfaat ASI terhadap bayi. Untuk menjadwalkan pemberian ASI pada bayi tidak akan langsung terbentuk sesudah kelahirannya, membutuhkan waktu berkali-kali untuk menyusui sampai bayi memiliki jadwal teratur untuk menyusui setiap harinya.

Berikut jadwal pemberian ASI bayi eksklusif yang baru lahir sampai berusia 6 bulan :

Jadwal Pemberian ASI bayi baru lahir

Inisiasi Menyusui Dini (IMD) biasanya melakukan pemberian ASI pada bayi kurang lebih 15 menit. Apabila sudah selesai, bayi akan menyusui lagi dalam waktu 2-2,5 jam berikutnya. Tetapi beda lagi dengan jeda waktu bayi yang baru lahir.

Menurut penjelasan IDAI atau Ikatan Dokter Anak Indonesia jadwal menyusui bayi berapa jam sekali dilakukan 8-12 kali sehari dalam pemberian Asi bayi yang baru lahir. Waktu memberikan ASI tersebut berlaku untuk sisi satu payudara, sementara ASI pada sisi payudara lain diberikan untuk waktu menyusui berikutnya.

Untuk minggu pertama setelah melahirkan biasanya jadwal pemberian ASI bayi pada umumnya tergantung dengan keinginannya, bayi yang baru lahir jeda waktu yang diberikan setelah menyusui berkisar 1,5-3 jam sekali.

Setelah melahirkan, pada masa awalnya tubuh sang ibu dan bayi membutuhkan waktu untuk berinteraksi terlebih dahulu. Bayi juga akan memberikan tanda apabila dia sedang lapar dan ingin menyusu. Seiring bertambah usianya bayi, umumnya jadwal pemberian ASI bayi akan lebih terbiasa dan teratur.

Jadwal Menyusui Bayi Usia 1-6 Bulan

Ketika bayi sudah memasuki usia diatas 1 bulan, jadwal pemberian ASI akan berubah secara teratur dan para ibu dirumah pasti sudah dapat memastikan menyusui bayi berapa jam sekali.

Pada saat bayi memasuki usia 2-5 bulan, jadwal menyusui bayi berkisar 7-9 kali dalam sehari dengan rentang waktu 2,5-3,5 jam. Ketika memasuki usia 6 bulan atau masa akhir ASI eksklusif, jadwal pemberian ASI akan menurun hanya 4-6 kali dalam sehari dengan rentang waktu berkisar 5-6 jam sekali.

Semetara waktu saat menyusui bayi berkisar 20-45 menit dan seiring bertambahnya ausia bayi, waktu menyusui juga akan berkurang.

Faktor Penentu Lama Waktu Bayi Selama Menyusui

Mungkin para ibu selalu memperhatikan waktu menyusui yang bisa berbeda-beda. Terkadang sebentar dan bisa juga terasa sangat lama. Dalam hal ini memiliki beberapa faktor yang dapat diketahui waktu lama bayi menyusu, seperti :

  • Ketersediaan produksi ASI yang terdapat di dalam payudara.
  • Cepat lambat aliran ASI saat bayi menyusu.
  • Fluensi let down reflex yang dapat merangsang kelancaran saat mengeluarkanya ASI.
  • Posisi saat menyusui.
  • Kondisi bayi sedang dalam mengantuk.

Cara Membangunkan Bayi Saat Memasuki Jadawal Menyusui

Menyusui bayi berapa jam sekali? Apabila sudah saatnya untuk menyusui, jangan ragu untuk membangunkan bayi yang sedang tidur dengan pulas. Karena pada usia awal mereka akan terlihat banyak tidur, para ibu yang sedang menyusui dianjurkan untuk membangunkan bayinya ketika masih tertidur pulas dan belum menyusu selama 4 jam.

Sebab, bayi harus memperoleh ASI yang teratur dan cukup di setiap harinya untuk makan utuma. Tidak hanya itu, ibu yang sedang menyusui juga harus rutin mengeluarkan ASI di dalam payudaranya. Semakin ibu sering memompa ASI dan menyusui akan memudahkan dalam perangsangan payudara untuk memberikan produksi ASi lebih banyak lagi.

Berikut beberapa cara membangunkan bayi yang tertidur lelap saat waktunya menyusui :

1. Ajaklah bayi berbicara

Dengan cara mengajak bayi berbicara, bayi akan mendengarkan suara ibunya dan seketika akan bangun untuk menyusu.

2. Sentuh bayi dengan perlahan.

Dengan cara mengajak bayi berbicara, terkadang tidak mempan untuk membangunkan bayi. Kalian dapat mencoba menyentuh atau mengusap-usap bayi dengan perlahan di bagian kaki, lengan, ataupun punggung.

3. Gendong bayi dan arahkan ke payudara

Apabila dengan mengusap-usap bayi tetap belum bangun, kalian bisa menggendong kemudian dekatkan bayi ke payudara dan dekatkan mulut bayi ke puting payudara kalian setelah itu sentuh sedikit demi sedikit.

4. Mengganti popok bayi mendekati waktu menyusu

Dengan mengganti popok bayi, seketika akan terjadi perubahan dalam posisi bayi yang dapat membuat bayi terbangun.

5. Pangku dan bangunkan bayi

Cara membangunkan bayi berikutnya adalah angkat tubuh bayi dan letakkan di pangkuan sang ibu dengan cara memangku bayi diatas paha, kemudian letakan kaki di dekat perut dan kepala diatas lutut. Setelah itu, angkat tubuh bayi dengan posisi duduk secara perlahan. Ulang gerakan – gerakan tadi sampai bayi bangun.

Bagaimana Cara Mengetahui Bayi Sedang Lapar dan Sudah Kenyang?

Selain para ibu faham tentang jadwal menyusui, ibu juga harus mengetahui ketika bayi sedang lapar dan sudah kenyang. Berikut yang harus diketahui ketika bayi merasa lapar dan sudah merasa kenyang :

Tanda-tanda bayi merasa lapar dan ingin menyusu

  • Bayi akan mengecapkan bibirnya.
  • Menyesap kepalan tagan bayi.
  • Menjulurkan lidah.
  • Membuka dan menutup mulutnya berkali-kali.
  • Melakukan Refleks rooting apabila pipinya disetuh akan sepontan membuka mulutnya.
  • Merasa tidak nyaman
  • Menangis dengan kencang
  • Merengek dan rewel

Tanda-tanda bayi sudah kenyang saat menyusu

  • Bayi akan merasa puas dan senang setelah menyusu.
  • Bayi tidak akan rewel dan merengek lagi.
  • Gerakan mulut bayi saat mengisab payudara akan melambat apabila sudah merasa kenyang.
  • Merasa lebih nyaman.
  • Dan bayi akan melepas pegangan tangan yang berada di payudara dengan perlahan.

Itulah penjelasan tentang penjadwalan menyusui bayi dan cara membangunkan bayi ketikan waktunya menyusu.

Apabila ibu menyusui dirumah membutuhkan freezer ASI, kalian bisa menyewanya di SEWA FREEZER ASI JABODETABEK yang beralamatkan di :

Villa Mutiara Cinere G2-50 Depok Indonesia

Nomor telepon: 081553328867

Write a Comment