Tips yang Benar Menyusui Bayi Sambil Tidur Dengan Nyaman

Tips yang Benar Menyusui Bayi Sambil Tidur Dengan Nyaman

Hallo bunda anda ingin menyusui bayi sambil tidur? tetapi juga ingin bayi tetap berada pada posisi nyaman? oke bunda jangan khawatir di artikel ini kita akan menjelaskan tips tips yang benar saat mengusui bayi sambil tidur, simak terus yukkk

ilustrasi menyusui sambil tidur
ilustrasi menyusui sambil tidur sumber: imaous.id

Menyusui sambil tidur merupakan posisi ternyaman bagi para busui, bukan nyaman saja tetapi busui dapat menjalin kedekatan dengan si bayi karena bisa tidur berdekatan, memberi ASI kepada bayi sangatlah penting karena ASI mempunyai banyak manfaat.

Menyusui bayi sambil tidur biasa disebut dengan posisi menyusui yang sangat mudah dan lebih tenang, menyusui bayi sambil tidur dapat menangani situasi saat ada permasalahan pada aliran ASI, tidak hanya itu menyusui sambil tidur dapat membantu jika bunda memiliki ASI yang berlimpah dan sering mengalami kebocoran, cara melakukan nya bunda bisa tidur berbaring di tempat tidur dengan mengalasi handuk agar ASI yang keluar dari mulut bayi bisa jatuh ke handuk.

Tips Menyusui Bayi Sambil Tidur Dengan Nyaman

Apa bila bunda ingin mempraktikan menyusui bayi sambil tiduran, dan masih bingung bagaimana caranya? simak penjelasan di bawah ini ya agar bunda dapat menyusui dengan nyaman dan si bayi tidak rewel karena juga merasa nyaman

  1. Bayi di tempatkan dengan terlentang di tengah tempat tidur
  2. Bunda berbaring ke samping pada samping bayi, posisi kepala berada di atas bantal dan pastikan bantal yang anda gunakan tidak berada di dekat kepala bayi.
  3. Jika bunda ingin tambah nyaman anda dapat meletakkan bantal pada belakang punggung atau di antara kaki
  4. Jika bunda merasa posisi bayi kurang nyaman bunda dapat menggeser bayi ke atas atau kebawah hingga posisi bayi sudah sejajar dengan puting dan kepala bayi berada di atas lengan bunda.
  5. Agar hidung si bayi menyentuh puting bunda, bayi gulingkan ke samping bundan dan tarik pinggul bayi hingga hidung menyentuh puting.
  6. Bunda juga dapat menggunakan lengan yang tidak bertumpu agar dapat membentuk posisi payudara yang berlawanan dan mengarahkan puting susu kepada mulut bayi, karena biasanya bunda bunda selalu membiarkan bayi nya untuk menyusu sendiri jika bayi sudah mahir dalam pelekatan.
  7. ingat ya bunda posisi bagaimanapun yang bunda coba itu tidak ada salahnya, jika bunda merasa posisi itu tidak nyaman, bunda dapat mencari posisi lain yang bunda merasa itu lebih nyaman, jika semua sudah merasa nyaman dan baik baik saja biasanya bunda dan bayi akan tampak tertidur, jika bayi sudah tertidur ambil bantal yang ada di belakang pantat bayi, agar bayi bisa tertidur dengan terlentang dan dapat bergerak kemana saja se nyaman bayi.
  8. jika bunda akan mengganti payudara berikutnya sebaiknya bunda mengeringkan terlebih dahulu agar penyumbatan di saluran susu tidak terjadi.

Selamat mencoba ya bunda, berikut ini kita menjelaskan manfaat menyusui bayi sambil tidur, yuk simak terus.

Manfaat Menyusui Bayi Sambil Tidur

ilustrasi menyusui bayi sambil tidur
ilustrasi menyusui bayi sambil tidur sumber:wordpress.com

Posisi menyusui sambil tidur dapat di lakukan pada saat bunda ingin menidurkan si kecil, menyusu sambil tidur juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Tidak perlu pindah dari tempat tidur

posisi menyusui bayi sambil tidur biasanya dilakukan apa bila bunda sedang tidak fit, maka dapat menyusui di tempat tidur, posisi ini dapat di lakukan pada sat menyusui bayi pada malam hari.

2. Tidak menekan pada luka operasi caesar

Bagi bunda yang melahirkan dengan cara operasi caesar, posisi ini dapat anda lakukan karena tidak dapat mengenai luka operasi anda sehingga anda tidak merasa nyeri.

3. Tidak membuat cepat pegal

Biasanya bunda yang menyusui dengan posisi duduk akan membuat cepat pegal karena dapat membuat leher, lengan dan punggung merasa pegal. akan tetapi menyusui dengan posisi tidur bisa di lakukan dengan istirahat sehingga tidak merasa pegal.

4. Cocok untuk bunda yang memiliki payudara besar

Biasanya ibu menyusui memiliki payudara yang besar sehingga sering kesulitan untukmenentukan posisi yang nyaman, maka dari itu untuk bunda yang memiliki payudara besar anda dapat menentukan posisi ini agar anda nyaman, karena anda bisa dengan tiduran sehingga tidak kesulitan lagi.

5. Membuat bayi lebih mudah tertidur

Bayi akan lebih cepat tertidur lelap jika anda menyusui sambil tidur, karena tubuh dalam posisi yang rileks, dibandingkan dengan posisi yang duduk.

Itu saja manfaat dan tips menyusui dengan posisi tidur, selamat mencoba bunda.

jika anda membutuhkan sewa freezer ASI, anda dapat menyewa di SEWA FREEZER ASI JABODETABEK harga nya psti terjangkau.

alamat lengkap sewa freezer ASI JABODETABEK:

Villa Mutiara Cinere G2-50 Depok Indonesia

Nomor telepon: 081553328867

Write a Comment